6 Okt 2019

Menafsirkan kembali "Dibenarkan oleh iman", saya menyambut kembalinya Tuhan

Misteri Alkitab, tuhan datang, Kesaksian Kristen,
Misteri Alkitab | Menafsirkan kembali "Dibenarkan oleh iman", saya menyambut kembalinya Tuhan

Oleh Kemu, Amerika Serikat

Percaya pada Tuhan yang Benar, Hatiku Dipenuhi Kedamaian dan Sukacita

Keluargaku dulunya beragama Buddha, tetapi pada tahun 2004, kami bersama bibiku pindah agama menjadi percaya kepada Tuhan Yesus. Pada saat itu, aku menyadari bahwa umat manusia diciptakan oleh Tuhan, dan bahwa kelangsungan hidup manusia hingga saat ini adalah karena penyaliban Tuhan Yesus demi menebus kita; aku merasa bahwa kasih Tuhan benar-benar hebat. Secara khusus, aku tersentuh saat melihat para misionaris memberitakan injil, mengunjungi saudara-saudari mereka, dan tanpa pamrih membantu saudara-saudari mereka yang kesulitan. Jadi, aku dibaptis menjadi orang Kristen. Setelah percaya kepada Tuhan, aku senang membaca Alkitab dan mendengarkan khotbah, dan saat itulah aku membaca ayat-ayat Alkitab: “Sebab dengan hati, orang percaya kepada kebenaran; dan dengan mulut, pengakuan kepada keselamatan dibuat” (Roma 10:10). “Karena dibenarkan oleh iman, kita hidup dalam damai bersama Tuhan melalui Tuhan kita, Yesus Kristus” (Romas 5:1). Aku merasa bahwa Tuhan telah memberi kami begitu banyak kasih karunia. Hanya dengan percaya kepada Tuhan Yesus, kita bisa disebut orang yang benar, dosa-dosa kita sudah ditebus, dan diangkat ke kerajaan surga ketika Tuhan datang. Ini berkat yang luar biasa! Aku bersumpah untuk memiliki iman sampai akhir. Tidak peduli lingkungan seperti apa yang aku temui, aku akan berdoa, membaca Alkitab, dan tetap hidup di hadapan Tuhan. Setelah itu, aku membaca Alkitab dengan serius setiap hari, aktif mengikuti kebaktian, dan hatiku dipenuhi dengan kedamaian, sukacita, dan kepercayaan diri.

Saat Imanku Melemah, Aku Semakin Merindukan Kedatangan Kembali Tuhan.

Aku tidak tahu kapan dimulainya, tetapi aku mulai memperhatikan bahwa khotbah-khotbah pendetaku terdengar basi dan klise. Secara spiritual, aku tidak menerima perbekalan, dan aku mulai merasa lemah, tidak bersemangat seperti saat pertama kali aku mulai percaya kepada Tuhan.
Pada 2008, setelah datang ke Amerika Serikat untuk menemukan sebuah gereja dengan khotbah yang lebih baik, aku pergi ke Gereja Metodis, Gereja Kasih Karunia, dan Gereja Kabar Baik, tetapi tidak ada satu pun pendeta di semua gereja ini yang memiliki hal baru apa pun untuk disampaikan. Beberapa pendeta meminta orang-orang percaya untuk memberikan persembahan pada kebaktian, dengan mengatakan bahwa jika mereka ingin menerima berkat Tuhan, mereka terlebih dahulu harus memberikan persembahan sebelum bisa mendapatkan bagian dari kerajaan surga. Ini seperti meminta orang-orang percaya untuk menggunakan uang mereka untuk membeli tiket masuk ke kerajaan surga, yang tidak sesuai dengan ajaran Tuhan. Para pendeta di atas panggung berbicara dengan penuh semangat tentang pengalaman ketaatan mereka sebelumnya kepada Tuhan. Mereka membuat orang lain merasa seolah-olah mereka sangat percaya kepada Tuhan, bahwa mereka memiliki kehidupan yang signifikan, dan bahwa Tuhan sangat mengasihi mereka. Mereka memamerkan dan meninggikan diri sendiri untuk membuat orang-orang menyembah mereka. Seorang pendeta bahkan mengharuskan orang-orang percaya untuk membayar $600 setahun untuk menjadi anggota gereja dan memenuhi syarat untuk menjadi pekerja gereja.
Melihat gereja-gereja yang pernah kukunjungi, aku merasa bahwa gereja telah berubah. Pendeta entah mengajarkan doktrin tentang pemberian persembahan atau pengalaman mereka tentang hal-hal yang telah terjadi sejak lama. Mereka tidak melakukan kesaksian atas firman Tuhan, dan tidak ada kejelasan sama sekali. Beberapa pengkhotbah juga menemukan pasangan kekasih, memelihara wanita simpanan, dan bersaing mendapatkan panggung. Orang-orang percaya hidup di tengah-tengah kecenderungan jahat, bersaing dalam apa yang mereka kenakan dan makan, tidak bersekutu dalam urusan rohani, dan selalu berbicara tentang ke mana saja mereka pernah pergi, berkumpul untuk makan malam, dan di mana membeli barang obral. Aku tidak menemukan terang ketika membaca Alkitab, imanku menjadi lemah, dan aku hidup dalam dosa. Aku iri ketika melihat orang lain yang punya kekasih, dan hatiku penuh dengan pikiran jahat. Di tempat kerja, saat aku melihat barang bagus yang terlupakan oleh pelanggan, keserakahanku membuatku berpikir untuk menyimpannya untuk diriku sendiri. Ketika atasan dan rekan kerjaku mengatakan kata-kata yang tidak menyenangkan kepadaku, aku menahannya secara lahiriah, tetapi tetap memendam gagasan kebencian dan balas dendam di hatiku. Terutama di rumah, aku sering bertengkar dengan istriku karena hal-hal kecil, mengungkapkan kemarahanku, dan seiring waktu berlalu, aku bahkan berpikir untuk bercerai. Aku sering berdoa kepada Tuhan: “Tuhan! aku tidak ingin bertengkar dengan istriku, tetapi aku tidak bisa menahan diri. Tuhan! Tolong ampuni dosa-dosaku dan bantu aku melepaskan diri dari belenggu dosa.” Namun, setelah aku mengakui dosa-dosaku kepada Tuhan dan bertobat, masalah yang sama akan muncul kembali. Aku tidak dapat melepaskan diriku dari kondisi mengaku dosa dan berdosa setiap harinya, dan ini membuatku sangat menderita. Aku hanya bisa menghibur diri dengan mengatakan: “Tuhan itu murah hati dan penuh belas kasih, dan telah melimpahkan kasih karunia pengampunan dosa. Selama aku percaya, aku akan disebut orang yang benar. Ketika Tuhan datang kembali, aku akan dibawa ke kerajaan surga, dan semua rasa sakit ini akan berlalu.”

Bertemu Seorang Saudari dalam Tuhan dan Mendapatkan Banyak Hal

Pada Januari 2018, aku datang ke New York dari negara bagian lain. Saat sedang berbelanja di supermarket, aku bertemu Saudari Cai, yang juga percaya pada Tuhan. Saat berbicara tentang situasi aktual gereja, aku menemukan bahwa saudari ini berbeda dengan orang yang percaya pada umumnya. Dia memiliki beberapa wawasan tentang kondisi gereja, dan memiliki perasaan akan kebenaran. Dia berkata: “Meskipun gereja sedang kacau dan tandus, kita tidak boleh membiarkan diri kita dibingungkan oleh fakta ini. Kita harus menjadi gadis bijaksana, yang dengan sabar menunggu dan mendengarkan suara Tuhan ….” Kami berbicara panjang lebar. Belakangan, Saudari Cai mengundangku datang ke rumahnya untuk membahas kepercayaan kepada Tuhan dengan beberapa saudara-saudari lainnya. Aku pikir ini kesempatan langka untuk bertemu saudara-saudari yang dapat aku ajak bicara, jadi aku dengan senang hati setuju.
Di rumah Saudari Cai, aku bertemu Saudari Wu untuk pertama kalinya. Rasanya tidak seperti bertemu dengan orang asing sama sekali, tetapi seperti bertemu teman yang sudah kukenal selama bertahun-tahun. Kami bertiga bersekutu bersama, dan aku merasa sangat nyaman. Saudari Wu menggunakan Kejadian untuk membicarakan tentang niat Tuhan dalam menciptakan umat manusia, akar penyebab kejatuhan umat manusia, bagaimana Tuhan melakukan pekerjaan keselamatan, dan kebobrokan umat manusia pada zaman Nuh, penolakan keras mereka untuk berubah, dan bagaimana akhirnya Tuhan menghancurkan mereka dengan air bah. Setelah itu, hati Tuhan sakit, jadi Dia menggunakan pelangi untuk membuat perjanjian dengan Nuh, bersumpah bahwa Dia tidak akan lagi menghancurkan dunia dengan air bah. Aku berpikir sendiri: “Saudari ini menggunakan Alkitab untuk membicarakan begitu banyak kejelasan, begitu banyak hal yang belum pernah aku dengar. Aku benar-benar tidak datang dengan sia-sia hari ini!” Aku berkata: “Saudari, persekutuan seperti ini membuatku merasakan kebaikan Tuhan. Sebelumnya, aku hanya tahu bahwa pelangi adalah tanda perjanjian Tuhan dengan manusia setelah air bah. Aku tidak tahu bahwa setelah air bah, Tuhan menunjukkan kesedihan atas hilangnya umat manusia. Mengetahui ini sangat menghibur bagiku.” Mata Saudari Wu berkaca-kaca saat dia tersenyum dan mengangguk.

Jika Kita Disebut Benar Karena Kita Percaya, Apakah Kita Akan Diangkat ke Kerajaan Surga?

Selanjutnya, kami membicarakan tentang keadaan gereja yang tandus. Saudari Wu melanjutkan: “Khotbah-khotbah yang pendeta beritakan hari ini tidak memberikan kejelasan, mereka saling berseteru untuk memperebutkan kekuasaan dan status di gereja-gereja, dan orang-orang percaya hidup dalam dosa, mengikuti kecenderungan duniawi yang jahat, dan kurang kedisiplinan dari Tuhan. Gereja-gereja telah menjadi tandus. Saudaraku, menurutmu masalah apa yang dibuktikan oleh ketandusan gereja-gereja ini?” Aku menggelengkan kepala dan mengundang Saudari Wu untuk memberi tahu kami pendapatnya. Dia berkata: “Sebenarnya, ini menunjukkan bahwa Tuhan telah memulai pekerjaan era baru. Bait suci Tuhan di Yerusalem menjadi tandus karena orang-orang Farisi tidak menaati hukum dan perintah Tuhan, dan menganggap bait suci itu sebagai pasar untuk penjualan ternak, domba, dan merpati, dan juga karena Tuhan Yesus sudah memulai pekerjaan baru. Dengan cara yang sama, gereja-gereja saat ini menjadi tandus karena para pendeta dan penatua telah menyimpang dari jalan Tuhan, memimpin orang-orang percaya menyusuri jalan sekuler dan menyebabkan Roh Kudus menghentikan pekerjaan-Nya, dan juga karena Tuhan telah datang kembali untuk melakukan pekerjaan baru berupa penghakiman. Mari kita baca 1 Petrus 4:17: ‘Karena waktunya akan datang penghakiman harus dimulai di rumah Tuhan,’ dan Wahyu 14:6–7: ‘Dan aku melihat malaikat lain terbang di tengah-tengah langit, membawa Injil kekal untuk diberitakan kepada mereka yang tinggal di bumi, dan kepada seluruh bangsa, kaum, bahasa, dan suku Katanya dengan suara nyaring, Takutlah akan Tuhan, dan berikan kemuliaan pada-Nya; karena saat penghakiman-Nya sudah tiba: dan sembahlah Dia yang telah menciptakan langit dan bumi, dan laut dan semua mata air.‘ Dari nubuat dalam ayat-ayat Alkitab ini, kita bisa melihat bahwa Tuhan akan melakukan tahap pekerjaan baru pada akhir zaman, pekerjaan penghakiman. Dosa-dosa kita harus menjalani penghakiman Tuhan dan kita harus disucikan sebelum dapat memasuki kerajaan surga.”
Dalam kebingungan, aku berkata, “Bagaimana mungkin ada pekerjaan baru? Alkitab berkata: ‘Sebab dengan hati, orang percaya kepada kebenaran; dan dengan mulut, pengakuan kepada keselamatan dibuat’ (Roma 10:10). Kita percaya pada hati kita dan mengaku dengan mulut kita, jadi kita disebut orang benar karena kita percaya kepada Tuhan. Ketika Tuhan datang, kita akan diangkat ke dalam kerajaan surga. Meskipun kita berdosa, Alkitab menyatakan: ‘Dan demikianlah sebagian dari kamu, dahulu: tetapi kamu telah dibasuh, dikuduskan, dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus, dan oleh Roh Tuhan kita’ (1 Korintus 6:11). Oleh karena kita sudah disebut orang benar karena kita percaya, dosa-dosa kita sudah dihapuskan, dan roh kita dikuduskan. Bukankah itu berarti kita bisa memasuki kerajaan surga? Mengapa Tuhan masih perlu melakukan pekerjaan penghakiman dan penyucian? Tuhan tidak mungkin datang kembali untuk melakukan pekerjaan lagi!”
Saudari Wu tersenyum dan berkata: “Saudaraku, apakah Tuhan Yesus pernah berfirman bahwa karena kita disebut orang benar karena kita percaya, kita bisa memasuki kerajaan surga?” Aku menggelengkan kepala dan mendengarkan persekutuannya dengan saksama.
Sambil membolak-balik Alkitab, menemukan sebuah ayat, dan menyerahkannya kepadaku, dia berkata, “Kita tidak dapat menilai orang seperti apa yang dapat memasuki kerajaan surga berdasarkan perkataan manusia, kita perlu melakukannya berdasarkan firman Tuhan. Tuhan Yesus berfirman: ‘Bukan setiap orang yang memanggil-Ku, Tuhan, Tuhan, yang akan masuk ke dalam Kerajaan Surga; melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di surga’ (Matius 7:21). ‘Jadilah engkau kudus; karena Aku kudus’ (1 Petrus 1:16). Dari firman Tuhan kita bisa yakin bahwa hanya mereka yang melakukan kehendak Tuhan dan yang disucikan yang dapat memasuki kerajaan surga. Meskipun dosa-dosa kita diampuni, Tuhan Yesus belum menebus sifat dosa kita. Oleh karena dikendalikan oleh sifat dosa, kita sering mengkhianati firman Tuhan. Kita sama sekali bukan orang yang melakukan kehendak Tuhan. Tuhan itu kudus, tetapi kita hidup terjebak dalam siklus berbuat dosa dan mengaku dosa. Bagaimana mungkin kita memasuki kerajaan surga seperti ini?”
Aku mengangguk, merenung, sementara Saudari Wu berhenti bicara. Dia tersenyum dan berkata, “Mari baca dua bagian lagi, dan kamu akan memahami lebih jelas lagi. Firman Tuhan menyatakan: ‘Pada masa itu, pekerjaan Yesus adalah penebusan seluruh umat manusia. Dosa-dosa semua orang yang percaya kepada-Nya diampuni; asalkan engkau percaya kepada-Nya, Dia akan menebusmu; jika engkau percaya kepada-Nya, engkau bukan lagi orang berdosa, engkau telah dibebaskan dari dosa-dosamu. Inilah yang dimaksud dengan diselamatkan dan dibenarkan oleh iman. Namun di antara orang-orang percaya, masih ada yang memberontak dan melawan Tuhan, dan secara bertahap harus dibuang. Keselamatan tidak berarti manusia telah sepenuhnya didapatkan oleh Yesus, tetapi manusia tidak lagi terikat oleh dosa, dosa-dosanya telah diampuni: asalkan engkau percaya, engkau tidak akan pernah lagi terikat oleh dosa.’ ‘Meskipun manusia telah ditebus dan diampuni dosanya, itu hanya dapat dianggap bahwa Tuhan tidak lagi mengingat pelanggaran manusia dan tidak memperlakukan manusia sesuai dengan pelanggarannya. Namun, ketika manusia hidup dalam daging dan belum dibebaskan dari dosa, ia hanya bisa terus berbuat dosa, tanpa henti menyingkapkan watak rusak Iblis dalam dirinya. Inilah kehidupan yang manusia jalani, siklus tanpa henti berbuat dosa dan meminta pengampunan. Mayoritas manusia berbuat dosa di siang hari lalu mengakui dosa di malam hari. Dengan demikian, sekalipun korban penghapus dosa selamanya efektif bagi manusia, itu tidak dapat menyelamatkan manusia dari dosa. Hanya separuh dari pekerjaan penyelamatan telah diselesaikan, karena watak manusia masih rusak.‘”
Saudari Wu bersekutu: “Dari dua bagian ini, kita dapat melihat bahwa meskipun kita telah ditebus oleh Tuhan Yesus, dan bahwa dosa-dosa kita telah diampuni, ini hanya berarti bahwa Tuhan mengampuni pelanggaran kita dan tidak memperlakukan kita sesuai dengan pelanggaran masa lalu kita. Namun, kita hidup dalam tubuh berdaging, dan belum melepaskan diri dari keberdosaan kita, yang artinya kita dapat terus berbuat dosa dan terus-menerus mengungkapkan watak iblis kita yang rusak, yang merupakan alasan dari dosa kita yang terus-menerus dan mencari pengampunan. Jadi, meskipun persembahan untuk penebusan dosa-dosa kita berlaku selamanya, itu tidak dapat memberi kita keselamatan dari dosa, karena kita masih memiliki watak yang rusak. Dari sini, kita melihat bahwa dosa-dosa kita diampuni karena Tuhan Yesus disalibkan untuk menebus kita dari dosa, dan Tuhan tidak melihat kita sebagai orang berdosa, sehingga kita dapat disebut orang benar, tetapi akar dosa iblis telah mencengkeram kuat di dalam jiwa kita. Tidak peduli berapa tahun kita percaya kepada Tuhan, dan tidak peduli apakah kita adalah pendeta, penatua, atau saudara-saudari biasa, kita tetap hidup terperangkap dalam siklus berbuat dosa dan mengaku dosa. Apa yang diungkapkan dalam diri kita tetap berupa kecongkakan, keegoisan, tipu daya, keserakahan, kejahatan, dan watak iblis lainnya yang rusak. Pertimbangkan bahwa banyak pendeta dan penatua menafsirkan Alkitab untuk orang-orang percaya setiap hari, tetapi mereka tidak melakukan firman Tuhan, sering pamer dan mencoba membuat orang lain mengagumi mereka, dan mereka memperebutkan kekuasaan dan kepentingan di dalam gereja dan mengambil kekayaan gereja untuk diri mereka sendiri. Masih ada banyak orang percaya yang bernafsu dengan hal-hal duniawi, seperti halnya orang yang tidak percaya, dan mereka bahkan mencari pasangan kekasih, memelihara wanita simpanan, dan berjudi. Saudara-saudari yang berperilaku lebih baik mungkin tampak melakukan perbuatan baik secara lahiriah, dan mungkin tidak memukuli atau memarahi orang, tetapi ketika orang lain memengaruhi kepentingan mereka, mereka tetap mampu membenci orang, serta menyalahkan dan mengkhianati Tuhan ketika bencana terjadi pada mereka. Manifestasi-manifestasi ini ada di dalam diri kita hingga tingkat yang berbeda-beda. Apakah kamu pikir Tuhan akan membiarkan orang-orang seperti kita, yang penuh dengan watak iblis, untuk memasuki kerajaan surga? Mustahil. Pada akhir zaman, Tuhan datang kembali dalam daging yang berinkarnasi berdasarkan kebutuhan umat manusia yang rusak untuk mengungkapkan kebenaran untuk menghakimi dan menyucikan kita, yang memungkinkan kita untuk melepaskan diri dari belenggu dosa dan disucikan. Jika kita hanya percaya pada Tuhan Yesus, tetapi tidak menerima pekerjaan penghakiman Tuhan, meskipun kita mengakui dosa-dosa kita dan bertobat, dan persembahan untuk menebus dosa-dosa kita selalu efektif bagi kita, watak iblis kita yang rusak akan tetap tidak berubah, dan kita bisa percaya selama seribu tahun tidak akan pernah disucikan.”
Setelah mendengarkan perkataan dan persekutuan dari saudariku, aku merenungkan perkataan: “Namun, ketika manusia hidup dalam daging dan belum dibebaskan dari dosa, ia hanya bisa terus berbuat dosa, tanpa henti menyingkapkan watak rusak Iblis dalam dirinya. Inilah kehidupan yang manusia jalani, siklus tanpa henti berbuat dosa dan meminta pengampunan.” Perkataan ini benar sekali. Orang-orang yang percaya kepada Tuhan hidup terperangkap dalam siklus mengaku dosa dan berbuat dosa, dan meskipun kita tidak ingin berbuat dosa, kita melakukannya tanpa sengaja. Aku menerapkan kata-kata ini sendiri. Aku tahu bahwa Tuhan membenci percabulan, tetapi ketika aku melihat orang lain merangkul kekasih mereka saat mereka menjelajahi gunung atau berpesta di pantai, hatiku merasa iri dan kagum. Saat aku berkonflik dengan rekan-rekanku, hatiku penuh kebencian. Di rumah, aku ingin mengambil keputusan dalam segala hal, dan aku tidak rukun dengan istriku … Aku melihat bahwa aku benar-benar belum mengubah sifat berdosaku, dan bahwa aku tidak dapat melepaskan diri dari belenggu dosa, jadi aku berkata, “Saudari, aku paham maksudmu. Dulu aku berpikir bahwa jika aku percaya kepada Tuhan Yesus dan dosa-dosaku diampuni, aku dapat disebut orang benar dan memasuki kerajaan surga, tetapi sekarang aku tahu itu hanyalah pemahaman dan imajinasiku sendiri, dan itu tidak sesuai dengan kenyataan. Meskipun Tuhan Yesus mengampuni dosa-dosa kita, sifat dosaku masih ada di dalam diriku, dan aku masih hidup dalam keadaan berbuat dosa dan mengaku dosa setiap hari. Kita benar-benar perlu menjalani pekerjaan penghakiman dan penyucian Tuhan yang datang kembali. Hanya melalui ini kita dapat disucikan dan memasuki kerajaan surga. Saudari, bagaimana Tuhan menghakimi dan menyucikan orang-orang pada akhir zaman? Bisakah kamu bersekutu lebih banyak lagi tentang hal ini?”

Bagaimana Tuhan Menghakimi dan Menyucikan Manusia

Saudari Wu mengangguk dan menjawab gembira, “Syukur kepada Tuhan! Saudaraku, kamu sangat paham. Mengenai bagaimana Tuhan menghakimi dan menyucikan manusia, Tuhan Yesus berkata: ‘Dan kalau ada orang yang mendengar perkataan-Ku, dan tidak percaya, Aku tidak menghakiminya: karena Aku datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkan dunia. Dia yang menolak Aku dan tidak menerima firman-Ku, sudah ada yang menghakiminya: firman yang Aku nyatakan, itulah yang akan menghakiminya di akhir zaman‘ (Yohanes 2:47–48). Tuhan memberi tahu kita bahwa pada akhir zaman, Tuhan menghakimi orang-orang dengan mengungkapkan kebenaran. Bagian lain menjelaskannya dengan sangat jelas. ‘Di akhir zaman, Kristus menggunakan berbagai kebenaran untuk mengajar manusia, mengungkapkan hakikat manusia, dan membedah kata-kata dan perbuatan-perbuatannya. Firman ini terdiri dari berbagai kebenaran, seperti tugas-tugas manusia, bagaimana manusia harus menaati Tuhan, bagaimana setia kepada Tuhan, bagaimana hidup dalam kemanusiaan yang normal, serta hikmat dan watak Tuhan, dan lain-lain. Firman ini semuanya ditujukan pada hakikat manusia dan wataknya yang rusak. Secara khusus, firman yang mengungkapkan bagaimana manusia menolak Tuhan diucapkan karena manusia merupakan perwujudan Iblis dan kekuatan musuh yang melawan Tuhan. Dalam melaksanakan pekerjaan penghakiman-Nya, Tuhan bukannya begitu saja menjelaskan tentang sifat manusia hanya dengan beberapa kata. Dia menyingkapkannya, menanganinya, dan memangkasnya sekian lama. Cara-cara penyingkapan, penanganan, dan pemangkasan ini tidak bisa digantikan dengan kata-kata biasa, tetapi dengan kebenaran yang tidak dimiliki oleh manusia sama sekali. Hanya cara-cara seperti ini yang dianggap penghakiman, hanya melalui penghakiman jenis ini manusia bisa ditundukkan dan diyakinkan sepenuhnya untuk tunduk kepada Tuhan, dan bahkan memperoleh pengenalan yang sejati akan Tuhan. Tujuan pekerjaan penghakiman agar manusia mengetahui wajah Tuhan yang sejati dan kebenaran tentang pemberontakannya sendiri. Pekerjaan penghakiman memungkinkan manusia untuk mendapatkan banyak pemahaman akan kehendak Tuhan, tujuan pekerjaan Tuhan, dan misteri-misteri yang tidak dapat dipahami manusia. Pekerjaan ini juga memungkinkan manusia untuk mengenali dan mengetahui hakikatnya yang rusak dan akar dari kerusakannya, dan juga mengungkapkan keburukan manusia. Semua hasil ini dicapai melalui pekerjaan penghakiman, karena substansi pekerjaan ini adalah pekerjaan membukakan kebenaran, jalan, dan hidup Tuhan kepada semua orang yang beriman kepada-Nya. Pekerjaan ini adalah pekerjaan penghakiman yang dilakukan oleh Tuhan.‘”
Setelah selesai membaca, suadari Wu bersekutu; “Kristus pada akhir zaman mengungkapkan semua aspek kebenaran yang diperlukan untuk sepenuhnya menyelamatkan umat manusia sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam perkataan ini kita dapat menemukan wahyu tentang esensi kita yang rusak, pengetahuan tentang Tuhan, dan wahyu tentang misteri kerajaan surga. Dari firman Tuhan kita memahami aspek kebenaran tentang apa yang harus dilakukan untuk melakukan kehendak Tuhan, orang-orang seperti apa yang diselamatkan Tuhan, orang-orang seperti apa yang disingkirkan, apa tujuan umat manusia pada masa depan, bagaimana cara melepaskan diri dari watak iblis kita dan diselamatkan sepenuhnya. Selain itu, dalam firman Tuhan tentang penghakiman yang mengungkapkan esensi manusia yang rusak, kita melihat bahwa Tuhan mengamati kedalaman hati orang-orang, dan mengetahui kerusakan kita secara menyeluruh. Firman Tuhan mengungkapkan semua ragam pengungkapan kerusakan, dan sepenuhnya mengungkap pikiran dan pemahaman kita yang rusak dan kotor. Baru pada saat itulah kita melihat bahwa kita telah dirusak secara mendalam oleh Iblis, dan bahwa kita mampu memperlihatkan watak iblis kita seperti kecongkakan, keegoisan, dan tipu daya kapan saja dan di mana saja. Pada saat yang sama, dalam wahyu firman Tuhan tentang penghakiman, kita melihat bahwa Tuhan membenci semua jenis perbuatan jahat manusia, dan bahkan menghukum dan mengutuk mereka, dan kita menyadari bahwa watak lurus Tuhan tidak membiarkan adanya pelanggaran. Ini memaksa kita untuk merenungkan dan mengetahui kerusakan kita sendiri, yang menghasilkan pertobatan sejati, dengan demikian membuat kita bersedia menerima penghakiman dan hajaran firman Tuhan, bertekad untuk hidup sesuai dengan ketentuan Tuhan, dan bertekad untuk mengupayakan perubahan watak. Selain itu, berdasarkan watak kita yang rusak, Tuhan juga mengatur semua jenis lingkungan untuk mendisiplinkan, mengajar, memangkas, menangani, menguji, dan memurnikan kita, yang membuat kita lebih sadar akan esensi kita yang rusak dan Tuhan. Saat kita mulai memahami kebenaran, pemahaman kita tentang Tuhan berangsur-angsur semakin dalam, dan jalan kebenaran dan ketaatan kita kepada Tuhan tumbuh, sehingga, tanpa menyadarinya, kita dapat melepaskan diri dari dosa kita dan disucikan. Efek ini tidak pernah dapat dicapai oleh mereka yang belum menerima pekerjaan Tuhan pada akhir zaman. Jadi, hanya dengan mengalami penghakiman dan hajaran dari Tuhanlah kita dapat mengetahui watak Tuhan yang benar, yang tidak membiarkan adanya pelanggaran, dan baru pada saat itulah hati yang takut pada Tuhan akan dihasilkan di dalam diri kita, yang melaluinya kita dapat takut akan Tuhan, menghindari kejahatan, dan hidup sesuai firman Tuhan.”
Setelah mendengar persekutuan dari Saudari Wu, aku memiliki sedikit pemahaman tentang pekerjaan penghakiman Tuhan, dan aku berkata: “Jadi, Tuhan menggunakan pengungkapan kebenaran untuk menghakimi dan menyucikan kita, untuk memungkinkan kita mengetahui dosa-dosa kita sendiri dan watak benar Tuhan yang adil dari wahyu dalam firman Tuhan, hanya setelah itulah kita dapat belajar untuk membenci diri kita sendiri dan menghasilkan rasa takut akan Tuhan di dalam hati kita, yang pada gilirannya memungkinkan kita untuk mencapai pertobatan dan perubahan sejati. Meskipun aku tidak pernah mengalami pekerjaan penghakiman dan hajaran Tuhan, ada nubuat dalam Wahyu di Alkitab bahwa Tuhan akan datang kembali untuk melakukan pekerjaan penghakiman lebih lanjut, dan aku percaya nubuat-nubuat Tuhan Yesus pasti akan digenapi. ” Ketika dia mendengar aku mengatakan itu, dia mengangguk penuh penghargaan.

Bersatu Kembali dengan Tuhan, Selamat Tinggal Hari-Hari Pencarianku

Sebelum aku menyadarinya, kami telah berbicara selama beberapa jam, dan langit sudah gelap. Dengan penuh rasa ingin tahu aku bertanya kepada Saudari Wu: “Siapa yang menulis semua hal yang kamu bacakan kepada kami hari ini? Semuanya luar biasa, penuh kejelasan, dan aku belum pernah mendengar satu pun tentangnya. Aku tidak berpikir ini adalah hal yang bisa dikatakan orang biasa.”
Sister Wu menjawab gembira: “Syukur kepada Tuhan! Kata-kata yang aku bacakan untukmu hari ini tentu tidak diucapkan oleh orang biasa. Ini adalah firman Tuhan. Tuhan telah menampakkan diri kepada manusia untuk melakukan pekerjaan-Nya, dan mereka yang dapat mendengar dan memahami suara-Nya akan diberkati ….” Aku sangat bahagia dan bersemangat saat mendengar bahwa ini adalah firman Tuhan. Aku tidak pernah membayangkan bahwa aku akan mendapat kehormatan untuk melihat firman Tuhan. Aku benar-benar beruntung! Aku ingin mendengar lebih banyak lagi, tetapi sekarang sudah larut, jadi kami sepakat untuk bertemu pada hari berikutnya untuk melanjutkan persekutuan kami.
Selama beberapa hari berikutnya, melalui persekutuan Saudari Wu tentang firman Tuhan, aku memahami aspek-aspek kebenaran mengenai inkarnasi, perbedaan antara pekerjaan manusia dan pekerjaan Tuhan, bagaimana membedakan cara yang benar dan yang salah, kebenaran nama Tuhan, dan lain-lain. Aku tidak bisa menahan kagum: Bahwa ada kejelasan dalam persekutuan Saudari Wu adalah karena firman Tuhan Yang Mahakuasa telah menjelaskan kebenaran ini dengan sangat jelas! Firman Tuhan adalah mata air yang memasok air kehidupan yang hidup, dan secara spiritual, aku merasa sangat terpelihara.
Setelah itu, aku membaca firman Tuhan setiap hari dan sering berpartisipasi dalam kehidupan gereja bersama saudara-saudariku di Gereja Tuhan Yang Mahakuasa. Setelah periode penyelidikan, aku memutuskan bahwa Tuhan yang Mahakuasa adalah Tuhan Yesus yang datang kembali. Jadi, aku bergabung dengan Gereja Tuhan Yang Mahakuasa. Hari ini, kehidupanku di Gereja Tuhan Yang Mahakuasa seperti menjadi bagian dari keluarga besar yang penuh kasih. Aku sering bersekutu tentang firman Tuhan bersama saudara-saudariku, aku menikmati persediaan perbekalan Tuhan yang tak terbatas, dan hari-hari pencarianku berakhir. Syukur pada Tuhan! Semua kemuliaan teruntuk Tuhan Yang Mahakuasa!

Sumber Artikel dari "Belajar Alkitab"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akhirnya saya menemukan jalan keluar dari kekeringan rohani(I)

Oleh Endai, Korea Selatan Aku Bertemu dengan Tuhan untuk Pertama Kalinya dan Aku Mengalami Kedamaian dan Sukacita Pada tahun 2010, ak...