31 Okt 2019

Pencerahan baru dari Wahyu: Nama kembalinya Tuhan Yesus akan berubah

ayat Alkitab, Tuhan Yesus, Nama Yesus, kebangkitan Yesus,
Renungan HarianPencerahan baru dari Wahyu: Nama kembalinya Tuhan Yesus akan berubah

Oleh Chengxin, Tiongkok
Jam beker di mejaku menunjukkan pukul 11:05 malam. Aku punya kebiasaan di mana, setiap malam sebelum tidur, aku akan membaca satu ayat dari Alkitab. Biasanya, aku sudah membaca satu ayat dan akan tertidur pada saat ini, tetapi pada malam ini, aku kebingungan dengan sebuah ayat dalam Alkitab.
Dikatakan dalam Wahyu 3:12: “Dia yang menang akan Kujadikan pilar di dalam bait Suci Tuhan-Ku dan ia tidak akan keluar lagi: dan Aku akan menuliskan padanya nama Tuhan-Ku, dan nama kota Tuhan-Ku … yaitu Yerusalem Baru, yang turun dari sorga dari Tuhan-Ku dan Aku akan menuliskan nama-Ku yang baru padanya.” Aku sudah membaca ayat ini sebelumnya, tetapi pada malam ini, mataku tertahan oleh kata-kata “nama-Ku yang baru,” dan inilah yang membingungkanku. Aku merenung: Apakah “nama-Ku yang baru” berarti bahwa Tuhan Yesus akan memiliki nama baru ketika Dia datang kembali pada akhir zaman? Bagaimanapun, dikatakan dalam Kitab Ibrani: “Yesus Kristus adalah sama, kemarin, dan hari ini, dan untuk selama-lamanya” (Ibrani 13:8). Nama Tuhan Yesus tidak dapat diubah. Lalu, apa maksud dari kata-kata “nama-Ku yang baru” dalam Wahyu? Mungkinkah nama Tuhan Yesus akan berubah ketika Dia datang kembali pada akhir zaman?
“Tik tik tik,” jarum detik pada jam bekerku bergerak memutar. Sudah berlalu lama dan aku masih belum menemukan jawabannya. Pertanyaan ini tidak bisa dianggap enteng, karena memiliki kaitan langsung dengan masalah penting terkait jalan masukku ke kerajaan surga. Aku harus mencari dan memahami jawabannya. “Ya Tuhan, tolong berilah aku pencerahan dan tuntunlah aku …” Aku berdoa diam-diam di dalam hati dan memercayakan pertanyaan tersebut kepada Tuhan.
Saat hari semakin gelap menuju keesokan hari, aku tiba-tiba menerima telepon dari seorang teman lama, Wang Fang, yang telah memberitakan Injil di bagian lain Tiongkok. Dia bilang ingin datang untuk mengobrol. Saat menutup telepon, aku merasa sangat bahagia, dan aku berpikir: aku akan bisa mencari jawaban untuk pertanyaanku dari teman lamaku ini.
Di ruang tamuku, aku dan Wang Fang duduk di atas sofa dan aku mengatakan kepadanya semua tentang kebingungan di hatiku.
Setelah mendengarkan, teman lamaku berkata kepadaku, “Hui Zhen, kamu bilang bahwa nama Tuhan tidak dapat berubah, jadi izinkan aku bertanya kepadamu: Siapa nama Tuhan dalam Perjanjian Lama?”
Tanpa ragu-ragu, aku menjawab: “Yahweh!”
“Dan siapa nama Tuhan dalam Perjanjian Baru?” tanya Wang Fang.
Yesus!”
Sambil tersenyum, Wang Fang menatapku dan berkata: “Jadi, apakah nama Tuhan tidak berubah?”
Aku kebingungan dengan pertanyaan Wang Fang. Itu tidak mungkin … bukan? Nama Tuhan telah berubah dari Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru, dan nama Yahweh telah menjadi Yesus. Jika itu yang terjadi, maka nama Tuhan tidak selamanya tidak berubah …
Masih tersenyum, Wang Fang berkata sambil menatapku: “Hui Zhen, aku akan membacakan beberapa bagian untukmu, dan kemudian kamu akan mengerti.” Saat mengatakan ini, dia mengeluarkan ponsel dari sakunya, menggeser-geser sampai menemukan apa yang dicarinya, dan kemudian membaca: “Awalnya Tuhan tidak bernama. Dia mengambil satu, dua, atau banyak nama hanya karena Dia memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, selain harus mengelola umat manusia” . “‘Yahweh” adalah nama yang Aku pakai selama pekerjaan-Ku di Israel, dan yang artinya Tuhan orang Israel (bangsa pilihan Tuhan) yang dapat mengasihani manusia, mengutuk manusia, dan membimbing hidup manusia. Yang artinya Tuhan yang memiliki kuasa besar dan penuh dengan hikmat. “Yesus” adalah Imanuel, dan yang artinya korban penghapus dosa yang penuh kasih, belas kasihan, dan menebus manusia. Ia melakukan pekerjaan Zaman Kasih Karunia, dan mewakili Zaman Kasih Karunia, dan hanya dapat mewakili satu bagian rencana pengelolaan. … Di setiap zaman dan setiap tahap pekerjaan, nama-Ku bukan tanpa dasar, tetapi mengandung makna yang bersifat mewakili: Setiap nama mewakili satu zaman. Yahweh mewakili Zaman Hukum Taurat, dan merupakan sebutan kehormatan bagi Tuhan yang disembah oleh bangsa Israel. “Yesus” mewakili Zaman Kasih Karunia, dan merupakan nama Tuhan bagi semua orang yang ditebus selama Zaman Kasih Karunia“.
Wang Fang kemudian bersekutu, “Dari dua bagian ini, kita memahami bahwa, sebelum Tuhan mulai melakukan pekerjaan-Nya untuk menyelamatkan umat manusia, Dia tidak memiliki nama, tetapi Tuhan, sang Pencipta saja. Setelah manusia dirusak oleh Iblis, Tuhan memulai pekerjaan-Nya untuk menyelamatkan umat manusia, dan baru pada saat itulah Dia menggunakan nama. Tuhan hanya menggunakan nama Yahweh ketika Dia menyeru kepada Musa agar memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir. Alkitab mencatat: ‘Dan Musa berkata kepada Tuhan: “Lihat, ketika aku datang kepada anak-anak Israel dan berkata kepada mereka: Tuhan nenek moyangmu telah mengutus aku kepada engkau sekalian; dan mereka akan bertanya kepadaku, Siapakah nama-Nya? Apa yang harus aku katakan pada mereka?”. Dan Tuhan berkata kepada Musa: ”AKULAH AKU”, dan Dia berkata: ” Demikianlah kamu harus berkata kepada orang Israel:’ AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu’”.Selanjutnya Tuhan berfirman kepada Musa: “Inilah yang harus engkau katakan kepada anak-anak Israel: Yahweh, Tuhan nenek moyangmu, Tuhan Abraham, Tuhan Ishak, dan Tuhan Yakub, telah mengutus aku kepada engkau: inilah nama-Ku untuk selama-lamanya dan inilah pengingat tentang Aku kepada semua generasi“. (Keluaran 3:13–15). Setelah itu, Tuhan menggunakan nama Yahweh untuk memulai pekerjaan Zaman Hukum Taurat, untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir dan menyeberangi Laut Merah dan untuk membimbing kehidupan mereka di padang belantara dengan tiang-tiang awan dan api. Dia memberi mereka manna dan burung puyuh untuk dimakan dan menggunakan Musa untuk menyatakan hukum dan perintah-Nya di Gunung Sinai, dan Dia membimbing bangsa Israel pada waktu itu untuk belajar bagaimana hidup di bumi dan cara menyembah Tuhan. Mereka yang mematuhi hukum dan perintah akan menerima berkat dari Tuhan Yahweh, dan mereka yang melanggar hukum dan perintah akan dihukum. Nama Yahweh adalah nama yang khusus untuk Zaman Hukum Taurat, dan itu melambangkan watak Tuhan sebagai penyayang sekaligus pemberi kutukan.
“Pada akhir Zaman Hukum Taurat, manusia semakin dirusak oleh Iblis. Tidak ada yang bisa mematuhi hukum lagi, dan semuanya berada dalam bahaya konstan dihukum mati oleh hukum. Namun, Tuhan berbelas kasihan kepada manusia, dan, untuk menyelamatkan umat manusia, Dia mengakhiri Zaman Hukum Taurat di mana Dia menggunakan Yahweh sebagai nama-Nya, Dia berinkarnasi dan, dengan nama Yesus, meluncurkan pekerjaan Zaman Penebusan. Tuhan Yesus memberitakan ke mana pun Dia pergi, memberi tahu orang-orang bahwa kerajaan surga sudah dekat dan bahwa mereka harus bertobat. Dia juga melakukan banyak mukjizat, menyembuhkan para penderita kusta, membuat orang lumpuh berjalan, orang buta melihat, dan bahkan menghidupkan kembali orang mati, dan lain-lain. Selama orang-orang mengikuti Tuhan, menerima penebusan-Nya dan berdoa dalam nama-Nya, maka dosa-dosa mereka diampuni, dan mereka tidak akan lagi dihukum mati oleh hukum Taurat. Pada Zaman Kasih Karunia, nama Tuhan berubah dari Yahweh menjadi Yesus, dan watak yang diungkapkan oleh Tuhan Yesus terutama mengedepankan kebaikan penuh kasih dan rahmat. Hal ini memungkinkan kita untuk melihat bahwa, setiap kali Tuhan melakukan tahap pekerjaan baru dan memulai zaman baru, Dia mengubah nama-Nya dan menggunakan nama yang memiliki makna penting untuk mewakili pekerjaan yang dilakukan-Nya pada zaman itu dan untuk mengungkapkan watak-Nya pada zaman itu.”
Aku mengangguk dan berkata: “Oh, jadi nama Tuhan berubah sesuai dengan pekerjaan-Nya! Satu nama hanya dapat mewakili satu zaman dan satu tahap pekerjaan Tuhan. Zaman berubah, pekerjaan Tuhan berubah, dan nama Tuhan berubah seiring dengan itu. Yahweh adalah nama yang khusus untuk Zaman Hukum Taurat, dan Yesus adalah nama yang digunakan Tuhan pada Zaman Kasih Karunia saat Dia melakukan pekerjaan penebusan-Nya. Tuhan mengubah nama-Nya dari Yahweh menjadi Yesus karena orang-orang pada akhir Zaman Hukum Taurat tidak dapat lagi menaati hukum, dan baru ketika Tuhan melakukan pekerjaan-Nya untuk menebus umat manusia pada Zaman Kasih Karunia, Dia mengubah nama-Nya. Apakah pemahamanku ini benar, Wang Fang?”
Sambil tersenyum, Wang Fang mengangguk, dan berkata: “Ya, itu benar! Kamu sudah memahaminya.”
Namun, aku masih merasa sedikit kebingungan, maka aku berkata, “Jadi, apa maksud kata-kata ‘Yesus Kristus adalah sama, kemarin, dan hari ini, dan untuk selama-lamanya’ (Ibrani 13:8) dalam Kitab Ibrani? Mungkinkah itu merujuk pada nama Tuhan? Bagaimana aku harus memahami ayat Alkitab ini?”
Wang Fang terus tersenyum dan berbicara dengan perlahan dan tenang, berkata, “Mari kita baca beberapa bagian lagi, dan kemudian kita akan paham. ‘Ada orang yang mengatakan bahwa Tuhan itu tidak berubah. Memang benar, tetapi ini mengacu pada ketidakberubahan watak Tuhan dan hakikat-Nya. Perubahan nama dan pekerjaan-Nya tidak membuktikan bahwa hakikat-Nya berubah. Dengan kata lain, Tuhan selamanya adalah Tuhan dan tidak akan pernah berubah. Jika engkau mengatakan bahwa pekerjaan Tuhan tidak berubah, mungkinkah rencana pengelolaan enam ribu tahun-Nya akan dapat diselesaikan-Nya? Engkau sekadar tahu bahwa Tuhan selamanya tidak berubah, tetapi apakah engkau tahu bahwa Tuhan selalu baru dan tidak pernah tua? Jika pekerjaan Tuhan tidak berubah, dapatkah Dia memimpin umat manusia hingga ke masa sekarang? Jika Tuhan tidak berubah, lalu mengapa Dia telah melakukan pekerjaan dua zaman? … firman “Tuhan selalu baru dan tidak pernah tua” merujuk pada pekerjaan-Nya, dan firman “Tuhan itu tidak berubah” merujuk pada apa yang dimiliki-Nya dan siapa Ia.’ ‘Hikmat dan keagungan Tuhan, kebenaran dan kemegahan Tuhan tidak akan pernah berubah. Esensi-Nya, apa yang dimiliki-Nya, dan siapa Ia tidak akan pernah berubah. Tetapi, pekerjaan-Nya selalu bergerak maju, selalu lebih mendalam, karena Dia selalu baru dan tidak pernah tua. Tuhan mengenakan nama baru dan melakukan pekerjaan baru di setiap zaman. Demikian pula di setiap zaman Dia mengizinkan makhluk-Nya melihat kehendak-Nya yang baru dan watak-Nya yang baru‘.
“Kita dapat melihat dari dua bagian ini bahwa kata-kata ‘Tuhan selalu baru dan tidak pernah tua‘ mengacu pada kekekalan watak dan esensi-Nya, dan tidak berarti bahwa nama-Nya tidak pernah berubah. Meskipun Tuhan melakukan pekerjaan yang berbeda dan menggunakan nama-nama yang berbeda pada zaman yang berbeda, sepanjang keselamatan-Nya bagi umat manusia, baik Tuhan disebut Yahweh atau Yesus, esensi-Nya tidak berubah—Tuhan selamanya adalah Tuhan; kebenaran dan kekudusan-Nya tidak pernah berubah. Oleh karena itu, kata-kata, ‘Yesus Kristus adalah sama, kemarin, dan hari ini, dan untuk selama-lamanya’ (Ibrani 13:8), merujuk pada kekekalan watak dan esensi Tuhan, dan tidak berarti bahwa nama Tuhan tidak pernah berubah. Akan tetapi, bangsa Farisi pada zaman Yesus tidak tahu bahwa nama Tuhan berubah seiring dengan pekerjaan-Nya, sehingga mereka percaya bahwa hanya Yahweh yang menjadi Tuhan mereka dan bahwa tidak ada Juru Selamat selain Yahweh. Oleh karena itu, ketika Tuhan memulai pekerjaan pada Zaman Kasih Karunia dan nama-Nya menjadi Yesus, mereka tidak mampu menerimanya, dan mereka dengan panik mengutuk dan menentang Tuhan Yesus. Mereka menyalib-Nya pada kayu salib, melakukan dosa yang keji, dan dengan demikian mereka dihukum oleh Tuhan. Mereka tidak mengerti apa yang dimaksud dengan kekekalan Tuhan dan mereka tidak mengakui prinsip-prinsip pekerjaan Tuhan, dan karena itu mereka melakukan perbuatan jahat dan melawan Tuhan, sehingga mereka kehilangan keselamatan Tuhan.”
Setelah Wang Fang selesai berbicara, aku mengangguk dan, penuh emosi, aku berkata, “Aku semakin paham sekarang, karena persekutuanmu. Ternyata kata-kata ‘Yesus Kristus adalah sama, kemarin, dan hari ini, dan untuk selama-lamanya’ (Ibrani 13:8), berarti bahwa esensi Tuhan tidak berubah, tetapi nama Tuhan dapat berubah. Pekerjaan Tuhan terus berkembang, dan nama-Nya berubah seiring dengan pekerjaan-Nya. Ah! Orang-orang Farisi pada zaman Yesus itu tidak memahami hal ini, dan mereka membatasi Tuhan dalam lingkup pekerjaan-Nya pada Zaman Hukum Taurat, percaya bahwa nama Tuhan adalah Yahweh dan bahwa nama itu tidak dapat berubah menjadi yang lain. Pada akhirnya, mereka tidak dapat mengenali bahwa Tuhan Yesus dan Yahweh adalah Tuhan yang satu dan sama—betapa bodohnya mereka! Jika kamu tidak memberiku persekutuan tentang masalah ini hari ini, aku masih akan sama butanya seperti bangsa Farisi dan tidak akan memahami pekerjaan Tuhan!” Saat itu, aku teringat kata-kata” “Nama-Ku yang baru” dalam Wahyu 3:12, dan aku berkata, “Mengingat apa yang telah kita katakan, Tuhan pasti akan memiliki nama baru ketika Dia datang kembali pada akhir zaman! Jadi, siapa nama Tuhan nantinya?”
Wang Fang kemudian berkata dengan penuh semangat, “Syukur kepada Tuhan bahwa, beberapa hari yang lalu, aku dan beberapa rekan kerja bersekutu dan mencari tahu bersama, dan kami akhirnya menuai hasil. Alkitab sebenarnya sudah memberi tahu kita dengan apa Tuhan akan dipanggil pada akhir zaman. Dikatakan dalam Wahy: ‘Akulah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terakhir, firman Tuhan, yang ada sekarang, yang sudah ada, dan yang akan datang, Yang Mahakuasa‘ (Wahyu 1:8). ‘Dan keempat hewan buas itu masing-masing memiliki enam sayap di sekelilingnya; dan penuh dengan mata di dalamnya: dan mereka tidak beristirahat siang dan malam, berkata, ‘Kudus, kudus, kuduslah, Tuhan Yang Mahakuasa, yang dahulu, sekarang, dan yang akan datang‘ (Wahyu 4:8). ‘Kami bersyukur kepada-Mu, Oh TUHAN Tuhan yang Mahakuasa, yang ada sekarang, yang ada sejak mulanya, dan yang akan datang; karena Engkau telah mengambil bagi-Mu kuasa-Mu yang besar, dan Engkau memerintah‘ (Wahyu 11:17). Yang Mahakuasa juga disebutkan dalam kitab suci seperti Wahyu 15:3, 16:7, dan 16:14, serta 21:22. Semua ini menunjukkan bahwa ketika Tuhan datang kembali pada akhir zaman, sangat mungkin bahwa Dia akan menggunakan nama Yang Mahakuasa untuk melakukan pekerjaan-Nya menyelamatkan manusia. Oleh karena itu, jika ada yang memberitakan bahwa Tuhan Yesus telah datang kembali untuk melakukan pekerjaan baru, dan bahwa nama-Nya telah berubah menjadi Yang Mahakuasa, maka sangat mungkin bahwa ini adalah penampilan dan pekerjaan Tuhan, dan kita harus bergegas untuk mempelajari dan menyelidikinya. Baru pada saat itulah kita akan berkesempatan untuk menyambut Tuhan!”
Setelah mendengarkan dia, aku senang sekali, dan berkata: “Terima kasih, Tuhan! aku mendapatkan banyak hal hari ini! Aku sering membaca bagian dari kitab suci ini sebelumnya, tetapi tidak pernah merenungkannya dengan cara ini dan aku tidak pernah memahami hal-hal ini. Hari ini, akhirnya aku mengerti bahwa nama Tuhan dapat berubah dan bahwa Dia akan memiliki nama baru pada akhir zaman! Selain itu, aku telah menemukan cara untuk menyambut Tuhan!”
Aku bahagia sekali, dan hatiku dipenuhi dengan rasa manis dan sukacita. Aku dan Wang Fang kemudian melanjutkan persekutuan kami …

Sumber Artikel dari "Belajar Alkitab"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akhirnya saya menemukan jalan keluar dari kekeringan rohani(I)

Oleh Endai, Korea Selatan Aku Bertemu dengan Tuhan untuk Pertama Kalinya dan Aku Mengalami Kedamaian dan Sukacita Pada tahun 2010, ak...